Pengaruh Pergaulan Bebas Bagi Prestasi Akademik Siswa Siswi Kelas 11 SOS 1 SMAK KANAAN.



BAB 1


1.1 Latar belakang

Pergaulan bebas adalah pergaulan yang tidak terikat dengan aturan atau bisa dibilang melanggar peraturan dan norma di masyarakat. Pergaulan bebas merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada saat ini. Di zaman seperti sekarang ini, kemungkinan para remaja khususnya para pelajar untuk mengenal pergaulan bebas sangat besar dikarenakan semakin mudahnya kita untuk menemukan dan melihat pergaulan bebas yang bersifat negatif yang marak di masyarakat terutama di kalangan remaja. 

Pergaulan bebas yang bersifat negatif ini akan menimbulkan masalah yang akan sangat berpengaruh bagi masa depan generasi muda kita. Maka dari itu masalah yang timbul ini juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar generasi penenerus bangsa ini tidak mengikuti pergaulan-pergaulan yang buruk.

Dengan adanya perkembangan zaman juga berpengaruh kepada pergaulan bebas. contohnya perkembangan teknologi yang dapat  memudahkan para remaja ini untuk mencari tahu apa itu pergaulan bebas khususnya di kalangan pelajar, hal yang paling mudah terkena dampak dari pergaulan bebas yang bersifat negatif adalah prestasi dalam belajar atau prestasi akademik siswa yang akan semakin menurun. 

Hal ini sangat disayangkan karena siswa yang seharusnya dapat meraih prestasi tetapi gagal hanya karena pergaulan bebas. Meskipun yang terkena dampaknya adalah para pelajar siswa dan siswi, orang tua juga berperan penting untuk melawan pengaruh pergaulan bebas pada remaja di zaman sekarang ini

Maka dari itu kali ini saya akan membahas judul yang saya buat yaitu pengaruh pergaulan bebas bagi prestasi akademik siswa siswi kelas 11 SOS 1 SMAK KANAAN.  

1.2 Rumusan Masalah 

  1.2.1  Apa dampak dari pergaulan bebas bagi siswa siswi kelas 11 sos 1 sma kanaan
  1.2.2  Mengapa hal ini harus diperhatikan ?
  1.2.3  Bagaimana cara mengatasinya ?

1.3 Tujuan 

  1.3.1  Untuk mengetahui dampak dari pergaulan bebas bagi siswa siswi kelas 11 sos 1 sma kanaan 
  1.3.2  Untuk mengatasi pergaulan bebas yang terjadi di lingkungan sekolah.
  1.3.3  Agar semakin banyak siswa siswi yang berprestasi.
 
1.4 Manfaat

  1.4.1  Agar para orang tua dapat mengawasi anak-anaknya dari pengaruh pergaulan bebas.
  1.4.2  Agar para siswa siswi dapat menghindari pergaulan bebas di lingkungan sekolah mereka
  1.4.3  Agar pergaulan bebas di kalangan remaja (pelajar), dapat di atasi.



BAB 2
KAJIAN PUSTAKA 


2.1 Pengertian Prestasi

     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prestasi diartikan sebagai hasil usaha yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya, baik karena hasil belajar, bekerja, atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu.
     
     Menurut wikipedia prestasi adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. 

     Jadi secara garis besar prestasi adalah hasil yang kita peroleh dari usaha yang telah kita lakukan.

2.2  Pengertian Pergaulan Bebas

      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terbagi menjadi 2 kata yaitu pergaulan dan bebas, pergaulan berarti kehidupan bergaul dan bebas berarti tidak terikat atau terbatas oleh aturan.  

      Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Tokoh. Gunarsa dan Gunarsa (2004, h. 50) mengatakan, “Pergaulan bebas berarti pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi. Tidak terlalu menekankan pengelompokan yang kompak antara dua orang saja, akan tetapi antara banyak muda-mudi."  

      Jadi, secara garis besar pergaulan bebas adalah pergaulan antara pemuda pemudi yang tidak terikat oleh aturan dan tidak mengelompokkan. Tetapi perlu digaris bawahi, pergaulan bebas yang dimaksud disini adalah pergaulan bebas yang bersifat negatif

2.3  Jenis-jenis Pergaulan Bebas  

      Pergaulan bebas yang saya maksud disini adalah contoh-contoh pergaulan bebas yang buruk. dibawah ini adalah contoh pergaulan bebas yang marak dilakukan oleh remaja.
   
  Contoh: 
  1. Seks bebas.
  2. Tawuran pelajar.
  3. Merokok dan Penyalahgunaan obat-obatan terlarang (narkoba).
2.4 Dampak Pergaulan Bebas 

      Kita semua pasti tahu bahwa pergaulan bebas di kalangan remaja sekarang ini pasti berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya, ini adalah beberapa contoh dampak dari pergaulan bebas.

  Contoh : 
  1. HIV/AIDS
  2. Kanker (hati, alat reproduksi, payudara).
  3. Malas sekolah .
  4. Prestasi akademik menurun.
  5. Kurang percaya diri.
  6. Melanggar norma-norma di masyarakat. 



BAB 3

METODE PENELITIAN



3.1 Metode Penelitian
    
    Metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis untuk mengkaji penelitian ini adalah metode  penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode dimana hasil dari data penelitian  yang diperoleh akan dijabarkan dalam bentuk deskripsi dan kalimat. 

3.2 Teknik pengumpulan data
      
     Teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuisioner atau angket, penulis memilih teknik ini karena penulis akan jauh lebih cepat untuk menggumpulkan data dari banyaknya sample yang akan diminta data untuk penelitian. dan penulis akan menggunakan kuisioner terbuka dan kuisioner tertutup sebanyak 5 pertanyaan

3.3 Populasi dan Sample
      
     Populasi dan sample yang akan diambil oleh penulis yaitu penulis mengambil populasi dari kelas 11 IPS 1 SMAK Kanaan, jakarta pusat, dengan mengambil secara acak sample sebanyak 8 sample

3.4 Lokasi dan Waktu pengumpulan data
       
       Penulis melakukan penelitian di SMAK Kanaan Jakarta, jl.kran raya no.7, jakarta pusat. Waktu dan tanggal penelitian akan dilaksanakan pada tanggal 6 november 2017,  jam 11.00-14.15 WIB.
 

Komentar

Postingan Populer